Komunikasi dalam Bisnis
Komunikasi Bisnis Menurut Para Ahli
Menurut Purwanto
(2006:4), pengertian komunikasi bisnis yaitu komunikasi yang digunakan dalam
dunia bisnis, mencakup berbagai macam bentuk komunikasi, baik komunikasi verbal
ataupun komunikasi non verbal untuk mencapai tujuan tertentu. Pada dasarnya
komunikasi bisnis ini dibagi dalam dua hal yaitu komunikasi verbal dan
komunikasi non verbal.
Komunikasi Verbal
Komunikasi
verbal merupakan komunikasi yang digunakan untuk memberikan informasi bisnis
kepada pihak lain dengan menggunakan media tulis ataupun lisan. Jenis
komunikasi ini memiliki struktur terartur dan terorganisir dengan baik.
Sehingga pesan-pesan yang disampaikan bisa diterima dengan baik.
Contoh penggunaan komunikasi verbal dalam
dunia bisnis seperti penyampaian pesan melalui surat, teknologi komunikasi
modern,memo, rapat pimpinan, wawancara kerja, briefing kepada karyawan, dan
presentasi, dan lain-lain.
Komunikasi Nonverbal
Menurut teori
Antropologi, sebelum manusia berkomunikasi dengan kata-kata, mereka telah
menggunakan komunikasi non verbal dalam gerakan-gerakan tubuh. Bahasa tubuh
digunakan sebagai alat berkomunikasi dengan orang lain.
Beberapa contoh komunikasi non verbal seperti:
sifat seseorang yang secara spontan berubah dengan mengerutkan dahi, raut wajah
yang berubah, atau mata yang berkedip-kedip secara tidak kamu sengaja. Contoh
lainya dari komunikasi non verbal adalah ketika kamu mendapat berita yang
gembira, bagaimana reaksi kamu mendengar berita itu? Senang bercampur haru atau
mungkin senang dan bahagia.
Menurut Katz (1994:4),
Komunikasi Bisnis didefinisikan sebagai adanya pertukaran ide, pesan, dan
konsep yang berkaitan dengan pencapaian serangkaian tujuan komersil. Komunikasi
bisnis bisa diartikan sebagai komunikasi yang terjadi dalam dunia bisnis dalam
rangka mencapai tujuan dari bisnis tersebut.
Menurut Rosenbaltt (1982:7),
pengertian komunikasi bisnis menurut beliau ini dikemukakan dalam sebuah
pernyataan komunikasi bisnis merupakan pertukaran ide, opini, informasi,
instruksi dan sejenisnya, yang disajikan secara personal ataupun nonpersonal
melalui simbol atau tanda untuk mencapai tujuan perusahaan.
Menurut Persing (1981:108),
Komunikasi bisnis menurut Persing didefinisikan sebagai proses penyampaian arti
dari lambang atau kode-kode yang meliputi keseluruhan unsur yang ada hubungannya
dengan proses penyampaian dan penerimaan pesan, baik itu berbentuk verbal
ataupun berbentuk non verbal yang dilakukan di dalam organisasi yang membayar
orang secara bersama-sama untuk memproduksi dan memasarkan barang atau jasa
untuk memperoleh keuntungan.
Menurut Curtis (1992:6),
Komunikasi bisnis menurut Curtis adalah komunikasi dalam organisasi bisnis yang
di tunjukan untuk menyelesaikan masalah dan mengambil keputusan. Menurutnya
semakin tinggi kedudukan seseorang dalam suatu bisnis, maka dia semakin
bergantung pada keahlian orang lain dalam membuat suatu keputusan dan
memecahkan masalah untuk suatu keberhasilan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar